Minggu, 18 Maret 2018

Gangguan Yang Terjadi Pada Mesin Press Kaos


Mesin press kaos sendiri sebenarnya merupakan mesin produksi yang biasa digunakan untuk membuat kaos atau t-shirt. Mesin ini menggantikan proses sablon tradisional dan membuat proses ini menjadi lebih mudah.

Bisa dikatakan bahwa mesin press kaos merupakan salah satu komponen penting dalam proses sablon kaos. Kaos yang di press menggunakan mesin press kaos menjadi lebih awet dan tahan lama. Sama seperti mesin pada umumnya, mesin press kaos pun sering mengalami gangguan ringan hingga fatal dan tak jarang membuat mesin press kaos tidak bisa digunakan.


Lantas bagaimana cara memperbaiki mesin heatpress yang rusak dan bagaimana solusinya? berikut coba kita analisa kerusakannya.

Timer Tidak Berfungsi
Timer mesin press tidak berfungsi bisa disebabkan karena switch nya rusak Cara menanganinya adalah dengan mengganti item yang rusak tersebut.

Suhu Mesin Tidak Merata
Suhu mesin yang tidak merata terjadi karena lilitan yang terdapat pada elemen mesin mengalami kerusakan sehingga elemen pada mesin tidak menghasilkan panas yang merata. Bisa juga terjadi karena thermocontrol yang rusak. Solusinya anda harus mengganti elemen atau thermocontrol mesin press kaos.

Elemen Mesin Tidak Menghasilkan Panas
Permasalahan ini bisa lebih parah dari pada suhu mesin yang tidak merata, karena elemen sama sekali tidak menghantarkan panas pada kaos. Hal ini terjadi karena elemen yang rusak atau bisa terjadi karena kabel yang menuju elemen putus hingga relay yang rusak.

Yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengganti semua komponen yang rusak mulai dari elemen, kabel menuju elemen hingga relay.

Suhu Mesin Tidak Stabil
Seringkali ketika melakukan proses press kaos, suhu mesin naik secara acak dan tidak terkontrol. Penyebabnya adalah thermocable yang rusak. Cara untuk memperbaiki masalah ini adalah mengganti thermocable dengan yang baru.

Mesin Tidak Menyala
Ketika mesin press kaos tidak mau menyala ada 2 kemungkinan. Yang pertama bisa jadi kabel power putus atau konektor yang kendor. Cek apakah kedua komponen tersebut dalam keadaan baik atau tidak. 

Jika kabel power putus maka gantilah dengan kabel power yang baru. Dan kencangkan konektor yang kendor agar mesin dapat menyala dengan baik.


Demikian beberapa gangguan pada mesin press dan cara-cara mengatasinya. Selalu rawat mesin press kaos anda agar mesin awet dan dapat digunakan dengan baik. Jika anda masih bingung, anda bisa membawanya pada tukang servis mesin press kaos agar mudah mendeteksi masalah yang terjadi pada mesin press kaos.




*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com



Mesin Press 6 In 1 Riecat Mesin Multifungsi

Mesin Press 6 In 1 Riecat Mesin Multifungsi Dalam dunia bisnis, siapa yang mampu mewujudkan ekspektasi pelanggan adalah yang akan m...